konstruksi beton

Struktur Konstruksi Beton Bertulang Untuk Bangunan

Konstruksi , 0 Comments

Konstruksi ketika membuat rumah atau bangunan lainnya banyak yang memilih beton. Konstruksi beton yang menggunakan komposisi bahan dan metode tepat akan menghasilkan bangunan berkualitas. Proses pembuatan konstruksi membutuhkan tulang untuk menopang struktur bangunan agar lebih kuat dan kokoh.

Umumnya tulang yang digunakan untuk konstruksi beton ini terbuat dari besi. Tetapi jika ingin lebih kuat dan lebih tahan lama dapat memakai campuran antara besi dan baja. Memang jika dilihat dari harganya akan lebih mahal tetapi aman digunakan dalam jangka panjang. Setelah diisi dengan beton cor akan menjadi bangunan yang sangat kokoh dan kuat.

Sebelum memasang beton bertulang sebaiknya memahami tentang strukturnya. Struktur ini sangat penting untuk diperhitungkan dengan cermat. Jika ukurannya kurang dapat menimbulkan rongga yang walaupun sedikit sangat berpengaruh terhadap kekuatan beton. Pengukuran ini juga dapat mempengaruhi isi atau volume beton yang harus diisi nantinya. Perhitungan antara struktur tulang dan volume adonan beton harus tepat.

Untuk kepraktisan ada yang menggunakan ready mix untuk pembuatan adonan beton. Jika menginginkan struktur yang lebih kuat harus menambah bahan. Tetapi apabila penambahan bahan kurang pas maka akan berpengaruh pada hasilnya nanti. Mungkin saja teksturnya menjadi kurang halus. Oleh karena itu lebih banyak yang menyukai memakai bahan dan komposisinya sendiri dengan kesesuaian.

Struktur dari beton bertulang ada dua macam. Agar bangunan kuat dan kokoh maka strukturnya harus benar. Berikut ini struktur dari beton bertulang yang dapat dipahami.

Tulang Beton

Jika membeli tulang beton ada dua macam pilihan yaitu tulang beton ulir dan tulang beton polos. Pemilihan tulang beton tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Tulang beton ulir dapat menahan beton lebih kuat daripada yang polos. Tetapi semua pilihan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budgetnya.

Pada pengisian adonan beton ke dalam rangka tulang beton lebih baik menggunakan pompa beton. Proses pengisian membutuhkan kecepatan yang sangat tinggi. Ini akan sangat berpengaruh pada waktu pengeringan. Jika pengisian dilakukan dengan cepat maka waktu pengeringan beton menjadi lebih seragam. Waktu pengeringan yang tidak bersamaan akan memungkinkan beton rapuh.

Balok Beton

Pembuatan balok beton harus memperhitungkan adanya daya beban. Perhitungan yang kurang tepat akan membuat bangunan menjadi mudah roboh. Balok beton ini dapat diperhitungkan adanya ketahanan dari tarikan dan tekanan yang mungkin terjadi. Jika perhitungan meleset maka sangat mungkin timbul keretakan. Tentu saja ini sangat membahayakan pada kekuatan bangunan.

Meskipun beton terbuat dari bahan ready mix yang sudah jelas komposisinya bagus namun jika struktur tulang beton kurang sempurna akan berpengaruh pada bangunan. Memang membuat suatu bangunan perlu memperhitungkan semuanya dengan tepat. Perhitungan yang benar dan mendetail akan menghasilkan bangunan kokoh. Pengisian dapat dilakukan dengan benar dan tidak ada rongga yang mengakibatkan kerapuhan bangunan beton.

Sebuah bangunan sudah pasti akan menggunakan struktur beton bertulang. Tulang beton ini memang harus ada dalam sebuah bangunan untuk memperkuat beton. Sudut-sudut yang mempertemukan tulang beton dapat dibuat fleksibel agar dapat menahan daya tarik dan daya beban. Bangunan beton yang kuat dapat berumur panjang. Apalagi jika ditunjang struktur tulang beton yang diperhitungkan secara matang.

Bangunan yang kokoh harus mempunyai struktur tulang kuat. Pada proses beton cor akan mengisi tulang secara penuh agar perlekatannya sempurna. Bangunan juga menjadi lebih kokoh dan tahan lama.